In Pakaian Dalam

Mengetahui tips mencuci pakaian saat musim hujan bisa menghindari pakaian anda bau apek karena kurangnya proses pengeringan. Musim hujan memang tidak bisa dihindari dan bisa menyulitkan anda dalam proses pengeringan pakaian. Ketika tidak kering sempurna, bisa menyebabkan bau apek.

Pakaian memang mudah menjadi bau ketika terkena air dan tidak segera dikeringkan. Hal inilah yang dialami kebanyakan orang ketika musim hujan tiba di Indonesia. Banyak yang mengalami kesusahan dalam mengeringkan pakaian, terutama untuk keperluan penting seperti baju kantor dan seragam sekolah.

Tentunya anda tidak ingin selalu mengalami hal ini. Karena hal itulah yang memicu terjadinya pengeringan yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi ketika musim hujan tiba. Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini agar tidak mengalami pakaian bau apek ketika musim hujan tiba.

Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan

Banyak tips yang bisa digunakan untuk menghindari bau apek pada pakaian ketika musim hujan tiba. Cara pertama adalah mencuci dengan cara yang tepat. Ketika mencuci dengan menggunakan deterjen, maka pastikan membilas dengan bersih sehingga tidak ada deterjen yang tersisa pada pakaian.

Tips mencuci pakaian saat musim hujan yang kedua adalah menggunakan pewangi pakaian. Ketika deterjen sudah dibilas dengan bersih, anda dapat merendam kembali pakaian menggunakan pewangi. Hal ini bisa membantu memberikan aroma wangi dan mematikan bakteri yang membandel.

Ketika mencuci, pisahkan pula warna pakaian yang berwarna dan putih. Selain itu, pisahkan juga pakaian dengan bahan yang tebal. Pemisahan berdasarkan warna untuk menghindari baju luntur akibat baju yang tercampur. Bahan tebal dipisahkan agar tidak menyebabkan bulu menempel pada pakaian.

Cara keempat bagi anda yang menggunakan mesin cuci bisa memanfaatkan alat pengering pada pakaian. Pengering pakaian bisa membantu memudahkan proses penjemuran. Melalui pengering, bisa lebih cepat dalam proses pengeringan pakaian dan menghindari bau apek pada pakaian.

Cara lainnya adalah menjemur pakaian hingga kering. Ketika ingin menghasilkan pakaian yang dicuci dengan kering maksimal, perlu memperhatikan teknik menjemur. Misalkan memberikan jarak antar pakaian dengan menggunakan gantungan baju ketika menjemur, terutama saat tidak terpapar sinar matahari langsung.

Jangan tumpuk pakaian yang sudah kering. Hal ini untuk memberikan ruang pada pakaian agar terkena angina sehingga tidak menjadi lembab. Selain itu, dengan menyetrika pakaian, anda bisa mengatasi kuman yang membandel sehingga tidak membuat baju menjadi apek ketika disimpan.

Menyimpan pakaian di dalam lemari juga perlu diperhatikan. Rawat lemari agar tidak mudah lembab dan berbau. Selain itu, khusus pakaian tebal simpan dengan cara menggantung. Hal ini untuk menghindari bau apek akibat tumpukan pakaian yang terlalu tebal.

Penyebab Bau Apek pada Pakaian

Alasan mengetahui tips mencuci pakaian saat musim hujan adalah untuk menghindari bau apek pada pakaian. Banyak hal yang bisa menyebabkan pakaian menjadi apek. Penyebab pertama adalah mesin cuci yang tidak dibersihkan. Mesin yang jarang dibersihkan akan berjamur dan menyebabkan bau tidak enak.

Penyebab lainnya karena mencuci dengan volume pakaian yang terlalu banyak. Ketika pakaian terlalu banyak, maka mesin cuci tidak bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, penyebab bau apek adalah penggunaan deterjen yang berlebihan. Akibatnya, busa menahan kotor dan menimbulkan bau.

Suhu air juga dapat mempengaruhinya. Pasalnya, tidak semua bahan cocok menggunakan air panas untuk menghilangkan bau. Pewangi pakaian juga penting untuk pakaian. Penyebab bau tidak sedap pada pakaian adalah tidak menggunakan pewangi pakaian untuk menambah aromatik pada pakaian.

Meninggalkan terlalu lama pakaian di dalam mesin cuci juga menjadi pemicu bau pada pakaian. Karena, jika berada lama di dalam mesin cuci bisa membuat bakteri lebih mudah berkembang. Selain itu, cara menyimpan pakaian yang salah bisa menyebabkan bau apek pada pakaian.

Cara Menghilangkan Bau Apek pada Pakaian

Beberapa tips mencuci pakaian saat musim hujan juga bisa dibarengi dengan beberapa cara untuk menghindari bau apek pada pakaian. Cara pertama adalah dengan menaburkan baking soda. Anda bisa membentangkan pakaian, kemudian menaburkan baking soda di atasnya dan diamkan selama semalam.

Selain menggunakan baking soda, juga bisa merendam pakaian menggunakan larutan deterjen dan lemon. Lemon mampu membantu menghilangkan bau pada pakaian yang tidak kering dengan sempurna. Anda juga bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan bau apek pada pakaian.

Sabun batang selain digunakan untuk mandi, juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau apek. Cukup dengan merendam pakaian dengan larutan sabun. Cara lain yang bisa dicoba adalah menggunakan air panas. Menggunakan air panas juga perlu memperhatikan bahan yang digunakan untuk pakaian.

Musim hujan kerap kali membuat pakaian yang sudah dicuci susah untuk kering. Gagalnya pengeringan pakaian secara sempurna membuat pakaian menjadi bau apek. Bau ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk itu, anda perlu mengetahui tips mencuci pakaian saat musim hujan untuk menghindari bau apek.

Recent Posts
Logo Citra Group

Start typing and press Enter to search

X