Catatan Dokter Kulit, Celana dalam Tidak Iritasi Kulit Selangkangan

 In Pakaian Dalam

Agar tidak menimbulkan iritasi kulit selangkangan tidak terjadi, pemilihan celana dalam yang akan Anda gunakan ini tidak hanya memperhatikan kenyamanan saat digunakan saja.  

Jenis bahan untuk celana dalam pun bisa mengurangi resiko terjadinya iritasi pada bagian tubuh sensitif seperti halnya bagian selangkangan. Pemilihan celana dalam pun harus diperhatikan supaya lebih nyaman dan tidak terkena iritasi kulit. 

Seorang dokter kulit dari DNI Skin Care, dokter I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, sudah memberikan saran untuk dapat memilih jenis celana dalam yang sesuai dengan aktivitas dan kegiatan para penggunanya. 

Supaya Tidak Iritasi Kulit Selangkangan, Perhatikan Hal Berikut 

Pada dasarnya, pemilihan celana dalam yang dapat memudahkan Anda untuk bergerak dengan begitu leluasa serta terasa sangat nyaman ketika dikenakan. ‘’Hindari juga pemakaian celana dalam yang begitu ketat,’’ saran yang muncul dari seorang dokter Darma, ketika sedang dihubungi oleh tim detikcom.

Mengenai badan celana dalam, dokter Darma pun ikut memberikan sarannya dengan cara memilih jenis bahan kain yang lebih mudah dalam menyerap keringat. Penggunaan bahan sintetis seperti halnya nilon atau pun lycra ini wajib untuk Anda hindari. 

Hal tersebut dikarenakan bahan ini tidak breathable sehingga lebih mudah membuat iritasi kulit selangkangan maupun bagian sensitif lainnya. Berdasarkan penuturan dokter Darma, bahan katun masih menjadi bahan yang paling ideal untuk celana dalam bisa Anda gunakan. 

‘’Bahan dasar katun karena cukup baik dari segi kenyamanan saat digunakan maupun kesehatan penggunanya. Dapat juga mengurangi risiko munculnya ruam di permukaan kulit serta infeksi jamur,’’ jelasnya lagi. 

Penyebab Terjadinya Iritasi Kulit Selangkangan 

Rasa tidak nyaman dan juga perih sering kali menjadi keluhan sebagian orang yang mengalami lecet di bagian sela paha atau selangkangan. Salah satu hal yang dapat menyebabkan iritasi kulit selangkangan ini adalah pemakaian celana dalam yang tidak sesuai.

Seorang dokter spesialis kulit, Dokter Galih Manggala, SpKK, menjelaskan bahwa terjadinya iritasi kulit selangkangan atau yang biasanya disebut dengan istilah textile contact dermatitis ini dapat didefinisikan sebagai penggambaran dari bahan kain celana dalam yang Anda kenakan.

Dokter Galih juga memberikan penjelasannya, ‘’Penyebab dari iritasi di bagian selangkangan ini adalah serat – serat dari kain celana dalam atau bahan apapun yang Anda gunakan ini untuk memproses kain seperti halnya formaldehyde untuk mengurangi kusut, sebagai pewarnanya adalah phenylenediamine,’’

Di sisi yang lainnya, pendapat dari Dokter Laksmi Duarsa, SpKK, dari DnI Skin Centre Bali beberapa waktu yang lalu, penyebab dari terjadinya lecet pada area ini salah satunya adalah kelembaban. 

Terlebih lagi bagi wanita yang terkadang harus menggunakan pembalut tentu harus mengontrol kelembaban pada area selangkangan supaya tidak mudah lecet maupun luka. 

‘’Sama halnya seperti pemakaian pampers untuk bayi, lembab menjadi awal mula terjadinya lecet. Lembab ini disebabkan oleh jamur yang berada di area selangkangan, adapun untuk hal yang lainnya dapat juga dikarenakan muncul alergi terhadap bahan pembalut yang sering digunakan hingga bisa menyebabkan lecet,’’ jelas dokter Laksmi.

Adapun cara untuk bisa mengatasi iritasi kulit selangkangan ini, jelas dari Dokter Galih adalah dengan cara memberikan salep anti iritasi. Selain itu juga, Anda pun bisa memperhatikan pakaian dalam dengan cara mengganti dengan bahan yang lebih nyaman dan cocok untuk kulit Anda. 

‘’Tips wear bisa Anda gunakan untuk pakaian dari bahan kain alami seperti halnya katun, penggunaan pakaian dengan warna dasar terang dikarenakan penggunaan bahan pewarna, bisa juga dengan memakai pakaian yang longgar supaya kondisi panas atau pun lembab,’’ tambah Dokter Galih. 

Konsultasi ke Dokter Saat Terjadi Iritasi Kulit Selangkangan 

Bagi para wanita, mungkin pernah mengeluhkan rasa gatal dan juga iritasi di area selangkangan. 

Terlebih lagi pada saat haid dan harus menggunakan pembalut. Berdasarkan pada penjelasan dokter, bisa saja merek dari salah satu pembalut yang Anda gunakan ini sudah lama hingga dapat menimbulkan iritasi dan bisa memperparah rasa gatal akibat dari timbulnya tinea cruris. 

Dokter Eddy Karta, SpKK, dari EDMO Clinic di Jakarta Selatan menjelaskan meskipun berasal dari jamur yang sama, tinea cruris ini tidak bisa menyebabkan keputihan. Apabila Anda hanya merasakan gatal di area selangkangan ini bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. 

‘’Jika terasa gatal pada selangkangan dan juga keputihan, maka kemungkinan sakit ini adalah candidiasis. Para pasien bisa langsung memilih SpKK atau pun SpOG. Namun sebaliknya, jika dokter SpKK telah melihat adanya kasus infeksi kelamin yang meluas dan bisa mengganggu organ reproduksi, maka segeralah minta evaluasi kepada dokter kandungan SpOG,’’ ungkap dokter Eddy dikutip dari detikHealth.Pemakaian celana dalam memang sangat dianjurkan selama Anda beraktivitas di luar rumah. Penggunaan celana dalam yang pas dan sesuai pun bisa mengatasi iritasi kulit selangkangan yang bisa saja terjadi kepada siapapun.

Citra Grosir merupakan distributor pakaian dalam termurah di Indonesia yang mengutamakan bahan dan model yang nyaman dan aman dipakai oleh penggunanya. Segera hubungi kami untuk menjadi reseller Citra Grosir.

Recent Posts

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search

X