In Pakaian Dalam

Saat musim penghujan, udara dingin begitu terasa hingga menusuk tulang. Wajar banyak yang menggunakan kaos kaki untuk menghangatkan tubuh. Padahal biasanya seseorang menggunakan kaos kaki bersamaan dengan sepatu saat hendak pergi ke kantor atau menghadiri acara tertentu baik itu formal maupun non formal. Menggunakan sepatu tanpa kaos kaki tentunya membuat sebagian besar orang menjadi risih dan tidak nyaman.

Selain dua fungsi tersebut, kaos kaki juga mampu menjaga kelembapan pada kaki.  Benda ini terbuat dari bahan wol, katun, nilon dan polipropilen atau bahan nyaman lainnya. Tingkat kenyamanan pada kaos kaki yang utama terdapat pada jenis bahan yang digunakan. Oleh karena itu, Simak penjelasan berikut supaya tidak salah memilih bahan dasar kaos kaki.

1. Kain Katun

kaos-kaki-bahan-katun
Sumber: pixabay.com

Katun merupakan jenis kain yang paling bagus dan banyak digunakan. Terbuat dari serat kapas yang diolah sedemikian rupa, melewati proses yang rumit hingga jadilah sebuah kain. Biasanya kaos kaki terbuat dari katun combed 20s, 24s dan 30s. Bahan combed dipilih karena harganya cukup murah dan memiliki benang dengan tekstur yang lebih halus.

Adapun ciri-ciri kaos kaki berbahan dasar kain katun adalah tekstur kain terasa halus, awet dan tahan lama, terasa nyaman dan hangat saat dipakai, dan terdapat serabut halus pada kain. Namun bahan katun ternyata tidak cocok untuk membuat kaos kaki olah raga sebab ia kurang dalam menyerap keringat kaki.

2. Benang wol

kaos-kaki-bahan-wol
Sumber: pixabay.com

Sudah sejak lama sekali, orang memanfaatkan benang wol untuk membuat berbagai kerajinan. Sifatnya yang tebal dan hangat menjadikan wol sebagai bahan dasar membuat kaos kaki pilihan. Benang wol terbuat dari rambut hewan seperti domba yang kemudian dipintal dan dipilin menjadi benang.

Jika katun sulit menyerap keringat, maka wol adalah salah satu bahan dengan daya serap yang sangat baik. Namun sayangnya harga jual benang wol terbilang cukup mahal. Sehingga berpengaruh pada harga jual kaos kaki yang mau tak mau juga harus dijual dengan harga yang cukup tinggi.

3. Bahan Acrylic

kaos-kaki-bahan-acrylic
Sumber: pixabay.com

Sekilas bahan kaos kaki dengan dasar acrylic mirip seperti kaos kaki yang berbahan dasar benang wol. Hanya saja bahan acrylic lebih elastis dan tebal ketimbang wol. Berkat ketebalannya, kaos kaki bahan acrylic menjadi pilihan yang safety dibanding dengan yang lainnya. Sehingga, kaki menjadi terlindungi dari cidera dan gigitan serangga.

Namun, karena bahan yang terlalu tebal justru membuat kaki terasa panas, gerah, dan keringatan apabila menenggunakannya dalam waktu yang lama. Alhasil menimbulkan bau yang tidak sedap pada kaki.

4. Bahan Spandex

kaos-kaki-bahan-spandex
Sumber: pixabay.com

Bahan spandex atau katun spandex terbuat dari campuran bahan dasar katun dan polyurethane. Spandex dikenal memiliki karakteristik yang elastis, tipis dan kuat ketimbang kaos kaki jenis katun biasa.

Dibalik kelebihan tersebut, terdapat kekurangan yang terkadang meresahkan hati pengguna. Kaos kaki ini lebih cepat berbulu apabila salah dalam melakukan perawatan, misalnya mencuci kaos kaki menggunakan sikat cuci yang kasar. Seharusnya hanya perlu direndam saja dengan sabun supaya tekstur spandek tidak berbulu.

5. Benang Nylon

kaos-kaki-bahan-nylon
Sumber: pixabay.com

Benang nylon adalah benang yang terbuat dari minyak bumi atau batu bara. Nylon bersifat elastis dan lembut sehingga cocok digunakan untuk membuat kaos kaki. Selain itu, dapat menyerap keringat dengan baik. Namun, berhati-hatilah saat menggunakannya karena bahan ini sangat mudah tersangkut pada paku, dinding atau benda lain yang tajam.

6. Polyester

kaos-kaki-bahan-polyester
Sumber: pixabay.com

Bahan dasar pembuatan polyester adalah biji plastik sintetis yang diolah dan melewati proses panjang hingga menjadi sebuah campuran pembuatan kaos kaki. Sejatinya polyester tidak dapat menyerap keringat sama sekali, itulah kenapa hanya dijadikan sebagai campuran saja. Kaos kaki dengan bahan ini sangat cocok dikenakan oleh seseorang yang gemar berolahraga.

7. Benang Varia

kaos-kaki-bahan-varia
Sumber: pixabay.com

Sekilas benang varia hampir mirip dengan katun, hanya saja teksturnya sedikit lebih kasar. Hanya saja memiliki karakteristik yang sama dengan katun karena terbuat dari campuran yang sama dengan kain katun. Nah, demikian penjelasan mengenai ragam bahan pembuat kaos kaki. Pilih kaos kaki dengan bahan dasar yang sesuai kebutuhan supaya nyaman saat digunakan.

Dapatkan kaos kaki terbaik Anda di Citra Grosir. Citra Grosir melayani grosir kaos kaki terbaik di Indonesia yang mengutamakan bahan dan model terbaru. Tersedia berbagai jenis kaos kaki dengan ukuran dan model terlengkap. Segera hubungi kami untuk mendapatkan produk terbaik dan termurah.

Recent Posts
Logo Citra Group

Start typing and press Enter to search

X